Selasa, 14 Februari 2017

Potensi Diri

0 komentar
        Sebelum mengenali potensi diri kita alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu makna dari potensi diri itu sendiri. Kata potensi mengandung arti kekuatan, kemampuan, daya,baik yang belum maupun yang sudah terwujud, tetapi belum optimal. Sementara dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, yang dimaksud potensi diri adalah kemampuan-kemampuan dan kualitas-kualitas yang dimiliki seseorang yang belum digunakan secara maksimal. Potensi diri pada dasarnya adalah kemampuan terpendam seseorang yang jika dikenali, dikembangkan, dan diaktualiasikan akan menjadi kemampuan nyata dalam kehidupan. Berbagai pengertian di atas, memberi pemahaman kepada kita bahwa potensi merupakan suatu daya yang dimiliki oleh manusia, tetapi daya tersebut belum dimanfaatkan secara optimal. Oleh karena itu, yang menjadi tugas berikutnya bagi manusia yang berpotensi adalah bagaimana mendayagunakan potensi tersebut untuk meraih prestasi.
       Menurut teori, saya mempunyai gaya pribadi introvert, thinking. Itulah sedikit gambaran mengenai diri saya yang setidaknya dapat menjadi pengantar jika ditanya mengenai potensi yang terdapat dalam diri. Saya adalah seseorang yang sedikit pendiam apabila bertemu dengan orang yang belum kenal sebelumnnya. Namun dalam mengambil sebuah keputusan cenderung memikirkannya dengan panjang, mempertimbangkan sebab akibat. Jika boleh mengaitkan potensi yang saya miliki dengan kecenderungan saya dalam menyukai sesuatu, saya mengatakan hal-hal seperti membaca, travelling, berorganisasi, dll. Bagaimanapun saya telah mendapat manfaat dari kegiatan tersebut, seperti lebih peka terhadap lingkungan, peduli, dan lain-lain.

          Oleh karena itu saya juga akan terus berusaha mengembangkan potensi diri yang saya miliki ini. Karena pada dasarnya Potensi diri itu harus digali, sama seperti minyak bumi. Tidak ada minyak yang berada di atas tanah. Kita harus mencari lokasi yang tepat untuk menggali minyak. Kedalamannya pun tidak selalu sama. Ada yang cepat ditemukan, ada juga yang perlu menggali lama karena minyaknya ada jauh di kedalaman. Tidak ada manusia yang lahir ke dunia langsung menjadi ahli di bidang tertentu. Semua harus diraih dengan proses.

0 komentar:

Posting Komentar